Kamis, 23 Maret 2023

Membentuk Karakter Mahasiswa yang Berintegritas, HMJ Matematika FMIPA UNM Gelar DKMM



Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (HMJ) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pembukaan Diklat Kepemimpinan Mahasiswa Matematika (DKMM) sebagai bentuk LK-1 (Latihan Kepemimpinan satu) yang berlangsung di Benteng Somba Opu Sabtu-Minggu (18-19 Maret 2023) dengan pembukaan yang diadakan di Aula FH Jurusan Matematika FMIPA UNM, Jumat 17 Maret 2023.

Kegiatan ini bertema "Mengaktualisasikan Karakter Mahasiswa Matematika yang Berintegritas Pada Kepemimpinan dan Berorientasi Kekeluargaan”. Tema tersebut dapat dimaknai sebagai pembentukan karakter mahasiswa matematika sesuai dengan tujuan dari DKMM.

Pada pembukaan, Ketua Panitia DKMM 2023, Rizki Aditya mengungkapkan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk membentuk karakter mahasiswa yang sejalan dengan tujuan dari HMJ Matematika FMIPA UNM.


Kegiatan ini memiliki 2 tahap, yakni indoor dan outdoor. Tahap indoor dilaksanakan pada hari Sabtu dengan agenda pemberian materi dengan total 6 materi yaitu:

1. Metode Pesidangan (Eka Rosadi, S.Mat)

2. Keorganisasian (Muhammad Ammar Naufal, S.Pd., M.Ed., Ph.D.)

3. Keilmuan (Ja’faruddin, S.Pd., M.Pd., Ph.D.)

4. Kepemimpinan (Dr. Asdar, M.Pd.)

5. Kesosialan (Nur Sakinah Kamal, S.Pd.)

6. Kemahasiswaan (Muhammad Ikhwan Fauzan)

Tahap Outdoor dilaksanakan pada hari Minggu dengan urutan pos:

1. Kedisiplinan

2. Etika

3. Solidaritas dan Kekeluargaan

4. Nalar

5. Kepemimpinan


Pada penutupan, Ketua Umum HMJ Matematika FMIPA UNM, Zaky An Nabil menyatakan harapan kepada para peserta untuk menerapkan hal-hal positif yang diberikan selama kegiatan DKMM dalam kehidupan sehari-hari terutama pada kegiatan kampus. Agenda penutupan dirangkaikan dengan pengumuman:

1. Peserta Terbaik Putra : Fauzan Abdillah Aris

2. Peserta Terbaik Putri : Nur Hikmah Kanzha Pratiwi

3. Kelompok Terbaik : Kelompok 7

Terdapat juga kesan dan pesan dari peserta yang disampaikan saat penutupan berlangsung, peserta tersebut menyatakan bahwa kegiatan DKMM yang diikuti luar biasa karena materi kepemimpinan yang diperolehnya serta hal positif yang didapatkan dari pos-3 perihal solidaritas dan kekeluargaan. Peserta juga menyatakan bahwa organisasi dapat merusak akademik itu kekeliruan karena pemateri dari DKMM sendiri adalah dosen yang dulunya juga merupakan Ketua Umum HMJ Matematika FMIPA UNM yang saat ini telah menjadi orang yang sukses dengan banyak prestasi.

Buka Komentar

0 comments