Minggu, 10 Maret 2024

Pembukaan Pendaftaran Prodi Baru Sains Aktuaria di Jurusan Matematika FMIPA UNM

 

Halo sahabat blogger kami dari HMJ Matematika FMIPA UNM hadir kembali untuk menceritakan prodi baru di Jurusan Matematika, adapun Prodi baru di Jurusan Matematika bernama Prodi Sains Aktuaria. Apa sih itu sains Aktuaria? Yang penasaran dengan sanis Aktuaria mari simak bacaan dibawah ini.

Saint aktuaria mempelajari ilmu pengelolaan risiko di masa mendatang dengan menggunakan teori matematika peluang, statistika, manajemen keuangan dan komputasi. Lima ilmu utama di jurusan ini diantaranya Matematika keuangan, Ekomomi (ilmu mikroekonomi dan makroekonomi), akuntansi, peluang dan statistika.

Secara umum hingga pemodelan dan teori risiko yang sering di gunakan pada insitusi asuransi jiwa, dana pensiun, asuransi kesehatan dan asuransi umum, jurusan ini juga akan mempelajari tentang teknik simulasi dan pemodelan dalam industri asuransi.

Bagi teman-teman yang menyukai pelajaran matematika, khususnya yang berhubungan dengan probabilitas dan statistika, maka Aktuaria adalah prodi yang tepat untuk Anda. Apalagi peluang kerjanya cukup menjanjikan loh. Teman-teman dapat memulai karir sebagai seorang Aktuaris, salah satu profesi langka dengan ketersediaan tenaga yang masih sangat sedikit, sementara kebutuhannya terus meningkat, karena tahukah teman-teman satu perusahaan asuransi memerlukan hingga puluhan aktuaris di dalamnya.

Perbedaan Aktuaria dan Matematika sains adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan pengelolaan risiko, namun terdapat perbedaan signifikan antara keduanya. Matematika sains memanfaatkan ilmu matematika untuk menganalisis dan memodelkan data, sementara sains aktuaria menggunakan matematika untuk menganalisis dan mengelola risiko keuangan. Selain itu, matematika sains menggunakan ilmu statistik untuk menganalisis data dan membuat kesimpulan, sedangkan sains aktuaria menggunakan statistik untuk mengelola risiko keuangan. Peran-peran lainnya juga berbeda, seperti penggunaan ilmu ekonomi, asuransi, keuangan, komputer, pemrograman, hukum, manajemen, sosial, psikologi, kesehatan, fisika, kimia, biologi, geografi, geologi, astronomi, fotografi, dan seni, dimana matematika sains tidak mempunyai peran dalam bidang-bidang tersebut, sementara sains aktuaria menggunakan mereka untuk mengelola risiko keuangan.

Jurusan aktuaria memiliki kelebihan dibandingkan dengan jurusan matematika sains dalam beberapa aspek yang signifikan. Pertama, dalam hal penerapan ilmu, jurusan aktuaria mengintegrasikan ilmu matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer untuk mengelola risiko keuangan, sementara jurusan matematika sains lebih berfokus pada analisis data dan pembuatan kesimpulan. Selain itu, jurusan aktuaria memberikan pengetahuan yang khusus dan mendalam tentang asuransi dan manajemen risiko, termasuk pengajaran tentang asuransi umum dan jiwa, hukum asuransi, manajemen kerugian, dan operasional asuransi jiwa dan kesehatan, yang tidak diajarkan dalam matematika sains. Jurusan aktuaria juga menyediakan pelatihan dalam bidang matematika asuransi seperti matematika asuransi jiwa, dana pensiun, probabilitas statistika, pemodelan risiko, dan teori dana pensiun, yang merupakan bidang khusus yang tidak diajarkan dalam kurikulum matematika sains. Selain itu, jurusan aktuaria memberikan pengantar praktis ke dunia profesi melalui pengajaran tentang praktik dan simulasi aktuaria, pemodelan keuangan derivatif, magang profesi, perangkat lunak aktuaria, manajemen risiko, dan model linear lanjut, yang tidak diberikan dalam konteks matematika sains. Dengan demikian, jurusan aktuaria memberikan landasan yang kuat dan relevan bagi mereka yang tertarik dalam pengelolaan risiko keuangan dan industri asuransi.


#RedaksiSigma

#HMJMatematikaFMIPAUNMPeriode2024-2025

Buka Komentar

0 comments